4 Tips Sukses Beriklan Di Facebook

Facebook Ads adalah platform iklan Facebook yang sekarang ini telah disejajarkan dengan platform iklan populer lainnya semisal Google Ads. Pengguna Facebook yang memanfaatkan fitur iklan ini pun semakin meningkat. Ada beberapa kelebihan yang membuat beriklan di Facebook ini dianggap lebih efektif dibandingkan yang lain. Namun Anda harus pastikan tidak sembarang membuat iklan. Pastikan melakukan 4 tips berikut ini sebelum beriklan di Facebook sehingga hasil akhirnya efektif.

Target Relevan

Membuat target dari iklan yang Anda buat sangat penting dilakukan. Mengingat efektivitas iklan yang Anda buat juga didukung dari target yang Anda buat sebelumnya. Target ini dapat berupa usia, jenis pekerjaan, jenis kelamin hingga domisili. Sementara relevan yang dimaksud, target yang Anda buat harus sesuai dengan jenis iklan Anda.

Untuk menentukan target iklan yang relevan tidak mudah dilakukan. Anda harus melakukan riset dan penelitian yang cukup banyak juga mendalam. Oleh karena itu, Facebook Ads juga menyediakan fitur untuk membantu Anda membidik target yang sangat spesifik berdasar demografi, geografi, timing, behaviour dan koneksi. Sehingga nantinya iklan yang Anda buat, benar-benar sesuai sasaran.

Konten Menangkap Perhatian

Setelah menentukan target, Anda harus mengerti lebih dulu mengenai format iklan di Facebook. Dengan demikian Anda tidak keliru dalam membuat konten. Sangat penting membuat konten yang menarik dari sebuah iklan. Tidak hanya menarik, namun konten iklan juga harus menangkap perhatian audience sehingga populer dan lebih banyak diklik.

Konten sebuah iklan dalam Facebook biasanya memiliki 2 komponen utama. Terdiri dari teks dan juga gambar atau video. Hanya teks saja tanpa gambar atau video, daya tangkapnya akan berkurang. Sementara jika hanya menggunakan gambar atau video saja, bisa jadi tidak dipahami dengan baik. Karena itu buat konten berkualitas dengan kombinasi teks dan gambar atau video.

Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Anda tidak mungkin sukses memasang iklan di Facebook tanpa mengetahui karakternya terlebih dahulu. Dengan mengetahui karakter Facebook Ads, Anda akan tahu bahwa banyak fitur-fitur disediakan untuk membantu konversi iklan yang Anda pasang. Manfaatkan fitur-fitur yang ada dalam Facebook Ads untuk memaksimalkan hasil akhir iklan Anda.

Salah satu fitur yang harus Anda manfaatkan seperti Custom Audience. Fitur ini memungkinkan email database milik pelanggan yang Anda kumpulkan, dideteksi oleh Facebook. Siapa saja yang memiliki akun dan aktif menggunakan Facebook, untuk kemudian menjadi sasaran target dari iklan milik Anda yang akan ditampilkan pada akun email pelanggan.

Konversi

Tahukah Anda, jika semua usaha Anda membuat iklan berkualitas, bisa jadi sia-sia saat tidak ada langkah konversi yang Anda buat. Langkah konversi sangat penting untuk memastikan setelah iklan yang Anda pasang dilihat, maka pengguna Facebook akan bertindak sesuai dengan yang Anda inginkan, yakni membeli atau hal lain sesuai keinginan Anda.

Langkah konversi ini bisa jadi sangat panjang jika diulas. Ada banyak hal yang mempengaruhi konversi sebuah iklan apakah tinggi atau justru rendah. Namun salah satu yang penting dari langkah konversi adalah seorang CS atau Costumer Service yang profesional. Saat beriklan di Facebook mulai mendapatkan respon cukup banyak, kemampuan CS ini akan menjadi penentu konversi.